Pages

Subscribe:

Melatih Emotional-Q Anak

EQ (Emotional Question) adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan anak merupakan kemampuan untuk menciptakan hubungan yang optimal antara diri seseorang dengan orang lain. Pendapat lain mengatakan EQ merupakan cara untuk dapat memahami bentuk pikiran,perasaan dan tindakan.

Seringkali orang mengidentikkan kesuksesan seseorang dengan berapa angka IQ saja. Namun tidak selalu mereka yang memiliki IQ (Intelegency Quotient) tinggi lebih sukses dari mereka yang memiliki IQ rata-rata. IQ dan EQ adalah satu kesatuan dan keduanya harus seimbang satu sama lain dalam diri seseorang. Banyak riset telah membuktikan bahwa kesuksesan seseorang 70-80% ditentukan oleh EQ. 20-30% oleh IQ.

Tahukah anda mengajarkan EQ anak dengan cara sederhana?

Pertama, Gunakanlah Buku. Bacakan saja anak anda sebuah cerita. Disaat membaca paragraf demi paragraf dan si Tokoh diceritakan sedang mengalami emosi tertentu semisal sedih, anda bisa berhenti dulu diparagraf tersebut dan mengekspresikan rasa sedih si tokoh dengan mimik wajah.

Kedua, Gunakanlah Boneka. Ajak anak anda memahami emosi dengan menggunakan boneka yang memiliki ekspresi tertentu. Misalnya menggambarkan perasaan senang dengan menunjuk boneka yang sedang tertawa lebar.

Sumber: Majalah Parents Guide Vol V no.5
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Follow Us