Pages

Subscribe:

Mengatasi Keracunan

Keracunan bisa dialami oleh siapa saja. Bisa disebabkan oleh makanan ataupun minuman. Gejala keracunan ditandai dengan pusing,perut mual,diare, dan atau muntah-muntah. Jika anda orang tua menemukan gejala keracunan sebaiknya segera lakukan:

  • Tanyakan kepada anak anda apa yang telah dimakan/diminum
  • Jika ada wadah atau botol berlabel segera baca labelnya dan ikuti petunjukknya untuk cara penanganan pertama jika keracunan.
  • Hubungi pusat penanganan keracunan.
    Misal: Sentra Informasi Keracunan Badan POM RI di jakarta
    Telp:021-4259925 atau HP: 081310826879 atau unit Gawat Darurat Rumah Sakit
    .
Pertolongan pertama sebelum membawa anak ke rumah sakit: Jika anak dalam keadaan terjaga/sadar dan sifat zat tidak korosif/iritatif
  1. Bebaskan Jalan nafas dengan melonggarkan pakaian,bersihkan lubang hidung, dan rongga mulut dari berbagai kotoran.
  2. Berikan air putih,susu atau air kelapa muda agar kekuatan racun berkurang
    Usahakan agar anak muntah. Caranya masukkan jari anda ke dalam kerongkongan anak dengan posisi anak menunduk
  3. Jika tidak kunjung membaik atau malah menunjukkan gejala lebih parah,misalnya dengan kejang-kejang bawa segera ke dokter atau rumah sakit terdekat. Jangan lupa bawa makanan atau sisa bahan beracun yang diduga jadi penyebabnya.
Jika anak menelan bahan kimia bersifat korosif seperti pemutih,soda kaustika bawa kerumah ,atau minyak tanah, jangan pernah membuatnya muntah. Beri anak air dingin/sejuk atau susu untuk mendinginkan yang terbakar dan segera bawa kerumah sakit Jika pada keadaan gawat, anak tidak dapat bernafas atau pingsan segera bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan intensif. Jika perlu lakukan pernafasan buatan.Tapi hati-hati jangan sampai bahan beracun masuk ke dalam mulut anda.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Follow Us