Pages

Subscribe:

Cara Mendidik Anak Agar tidak jadi Pemalu

Tidak sengaja terlintas dipikiran saya untuk menulis artikel ini ketika saya ga sengaja memperhatikan beberapa anak yang mengalami kesulitan bergaul dengan temannya. Ketika saya tanyakan alasannya adalah MALU.

Saya jadi tertarik untuk mengulas berdasarkan sudut pandang saya sebagai orang tua faktor apa saja penyebabnya dan apa solusinya. Bagaimana cara mendidik anak agar anak tidak jadi pemalu?

Jadi teringat ketika kita belum menjadi orang tua. Apakah anda dulunya bertipe pemalu atau tidak?Flashback ke masa lalu..Bagaimana perlakuan dan sikap orang tua anda kepada anda?Bagaimana teman lain memperlakukan anak yang pemalu? Pastinya sifat Pemalu lebih banyak memiliki sisi negatifnya jika mempunyai porsi yang berlebihan.

Tentunya sebagai orang tua, kita tidak ingin anak-anak kita menjadi anak pemalu. Anak yang pemalu biasanya akan mengalami kesulitan untuk bersosialisasi dan atau bergaul. Ketika dihadapkan dengan lingkungan sosial lebih suka menyendiri. Hal ini tentunya akan menghambat tumbuh kembang dan kecerdasannya.

Sifat pemalu timbul bisa karena keturunan dari orang tuanya faktor fisik karena tubuh tidak sempurna, atau kondisi sosial ekonomi.

Namun demikian faktor penyebab di atas bisa di minimalisasi dengan beberapa tindakan:

1. Ajak anak untuk terlibat dalam berbagai kegiatan bersama dengan tujuan memberi kesempatan kepada anak untuk berinteraksi dengan orang lain. Sebagai contoh acara perlombaan,arisan keluarga,kegiatan kemasyarakatan,silaturahmi ke rumah tetangga dll

2. Berikan pujian kepada anak jika anak melakukan perbuatan yang positif kepada orang lain dan atau jika anak berprestasi. Hal ini menunjukkan sikap menghargai anda terhadap keberaniannya dan akan membangun kepercayaan dirinya lebih besar lagi.

3. Jangan mengkritik yang kesannya memvonis. Apalagi klo dilakukan dihadapan orang lain. Anak akan merasa takut untuk mengutarakan keinginannya. Hendaknya orang tua ketika mengkritik anak harus dengan memberikan penjelasan yang baik dan benar.

4. Beri contoh kepada anak pikiran dan perilaku positif anda karena biasanya anak lebih suka mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya. Ajarkan cara berteman yang baik.

Dengan cara-cara di atas diharapkan anak kita tidak akan tumbuh sebagai anak pemalu.

Semoga bermanfaat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Follow Us