Pages

Subscribe:

6 Manfaat Bermain Alat Musik bagi Anak

Mendengar Musik bagi anak adalah sarana melatih keseimbangan otak kanan dan kiri serta meningkatkan kemampuan motorik anak. Selain itu musik juga bisa mempengaruhi perkembangan dalam aspek kognitif dan keseimbangan emosi pada anak dan masih banyak manfaat lainnya. Mendengar saja memiliki banyak manfaat apalagi memainkannya.

Pembelajaran pada anak balita lebih mudah diterima oleh anak jika diajarkan dengan musik. Bernyanyi dengan diiringi alat musik sangat menyenangkan. Anak biasanya belajar menirukan apa yang dilakukan orang tuanya.Orangtua bisa mengajarkan anak bermain alat musik sejak dini. Karena manfaatnya sangat besar untuk tumbuh kembang kesehatan dan kecerdasan anak.

Manfaat lebih yang didapat jika anak bisa bermain alat musik:

1. Bermain alat musik bisa meningkatkan IQ anak. Bermain musik menggunakan kedua sisi rasional Anda (otak kiri) dan sisi kreatif Anda (otak kanan), sehingga meningkatkan IQ

2. Melatih  anak lebih peka terhadap lingkungan. 
Bermain musik bisa dilakukan sendiri atau bersama-sama dengan teman yang lain. Hal ini akan menumbuhkan sikap saling menghargai dan kerjasama yang baik agar tercipta nada-nada yang indah yang enak didengar.

3. Bisa menumbuhkan rasa percaya diri pada anak
Ciri anak yang memiliki percaya diri yang tinggi adalah menyukai tantangan baru, mandiri, mengambil tanggung jawab atas keputusan dan tindakan mereka, serta memiliki percaya diri serta rasa bangga pada kemampuan yang mereka miliki.Memainkan alat musik juga akan memunculkan ekspresi diri dan kreativitas. Kemampuan mengekspresikan diri, kelak akan membuka pintu kesempatan yang luar biasa bagi masa depannya

4. Menanamkan disiplin
Belajar alat musik membutuhkan jam praktek dan disiplin yang ketat. Dengan rentang perhatian yang pendek, belajar musik menanamkan rasa disiplin dan membantu meningkatkan fokus anak dengan pesat.

5. Bermain alat musik bisa membantu perkembangan psikologis anak karena bermain musik bisa menenangkan hati. Terkadang rasa lelah dan jenuh bisa hilang dengan mendengar atau bermain musik.

6. Bermain alat musik bisa membuat tubuh sehat. Seperti halnya olah raga, bermain alat musik juga membutuhkan energi untuk menggerakkan otot-otot tubuh dan konsentrasi pikiran dalam memainkannya.

Adapun beberapa alat musik yang disarankan untuk bisa diajarkan kepada si kecil: Piano,Drum, dan Biola.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Follow Us